Cara Mencari Uang Lewat Blog

Blog merupakan media yang cukup efektif untuk digunakan sebagai sharing ilmu pengetahuan, berbagi informasi, dan masih banyak lagi. Dengan memanfaatkan media ini, kita bisa menuangkan ide, gagasan, dan pemikiran akan suatu hal yang menarik lewat sebuah tulisan. Blogger menyediakan space yang cukup besar bagi kita untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya. Blogger ibarat buku kosong dan kita sebagai pengelolanya harus menulis buku tersebut supaya buku tersebut mempunyai nilai yang berharga baik untuk diri kita sendiri atauapun untuk orang lain. Tentu apa yang kita tulis pada blog harus mempunyai nilai dan berguna bagi orang lain, bukan hanya bagi diri kita sendiri. Apalah artinya sebuah blog apabila hanya digunakan untuk menulis tentang perjalanan kehidupan kita pribadi? Siapa kira-kira yang akan membacanya kalau bukan kita sendiri? Kalau kita bukan artis ataupun tokoh masyarakat, cukuplah menulis tentang suatu hal yang berguna untuk orang lain. Misalnya tentang tutorial, sharing game, software, referensi, buku dan masih banyak lagi.

Seiring berjalananya waktu, kini blogger banyak dimanfaatkan untuk mencari uang oleh pengelolanya. Dengan hanya bermodalkan keterampilan menulis, tingginya lalu lintas blog, dan tentunya koneksi internet, kita bisa memperoleh uang lewat media ini. Lalu bagaimana caranya? berikut saya jelaskan tentang tata cara mencari uang lewat blog.
Cara Mencari Uang Lewat Blog
Image by HowExplain
Membuka Ruang Iklan
Mungkin bagi orang awam cara ini terbilang cukup aneh, karena si empunya blog dengan terang-terangan memasang spanduk yang bertuliskan "Space Iklan diSewakan". Itu artinya pengelola blog bersedia menyewakan sebagian ruang kosong yang ada di blog nya untuk dipasang iklan. Tentu, untuk memperoleh advertiser (pengiklan) itu tidak mudah. Ada berbagai hal yang harus kita penuhi, antara lain adalah (i) trafik blog kita harus tinggi, (ii) angka alexa rank rendah, (iii) dan mempunyai page rank tinggi pula.
Cara Mencari Uang Lewat Blog 2
Oleh karena itu, sebelum anda membuka ruang iklan di blog anda, pastikan ke-tiga hal tersebut harus anda penuhi. Apabila ketiga hal tersebut tidak anda penuhi, maka tidak ada peng-iklan yang bersedia untuk memasang iklannya di blog anda. Oleh karena itu, sebaiknya anda fokus terlebih dahulu dengan blog anda. Sajikan konten yang menarik dan berkualitas secara rutin! optimasikan mesin pencari (SEO)! dan bangun bakcklink sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, maka lama-kelamaan blog anda akan mempunyai trafik yang memadai.

Keuntungan dari cara ini adalah kita bisa menentukan harga sewa ruang iklan sesuai dengan keinginan kita sendiri. Misalnya harga sewa Rp 400 ribu per bulan untuk ukuran iklan 728x90, mungkin bisa lebih besar atau mungkin bisa lebih kecil itu tergantung dari anda. Namun, kelemahan dari cara ini adalah kita harus benar-benar mengelola blog kita dengan baik, supaya trafik blog tidak mengalami degradasi.

Berpartisipasi dengan Program PPC
Program PPC juga merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk memonetisasi blog anda. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftar pada situs penyedia program PPC. Misalnya yang paling populer dan bonafide di dunia adalah Google AdSense, untuk di Indonesia adalah KlikSaya.
Cara Mencari Uang Lewat Blog 3
Cara kerjanya adalah kita perlu mendaftar pada situs tersebut terlebih dahulu. Apabila kita di approve, kita bisa memasang iklan mereka di blog kita. Setelah iklan terpasang, apabila visitor meng-klik iklan, maka kita akan memperoleh penghasilan. Ini disebut dengan sistem Pay Per Click (PPC) yang artinya kita akan dibayar setiap klik iklan.

Untuk Google AdSense, setiap klik iklan berkisar antara $ 0.01 sampai $ 0.2 USD. Dan kita akan dibayar apabila kita sudah mencapai jumlah minimal payout yakni $ 100 USD. Silahkan pelajari selengkapnya tentang tata Cara Mendaftar Google AdSense. Untuk KlikSaya besaran angka per klik iklan adalah Rp 300,- sampai Rp 1.000,-. Kita akan dibayar apabila saldo kita sudah mencapai minimal payout yakni Rp 60.000,-.

Kelebihan dari cara ini adalah kita tidak perlu bersusah payah terlebih dahulu dalam meningkatkan trafik blog. Kita hanya perlu menulis artikel dengan baik dan benar. Kelemahannya adalah kita harus selalu tunduk terhadap Term Of Service (TOS) dari situs yang menyediakan program PPC. Selain itu, untuk bisa berpartisipasi menjadi Publisher PPC juga relatif sulit, karena ada beragam syarat yang harus kita penuhi sebelum mandaftar pada situs PPC tersebut.

Berpartisipasi dengan Program Afiliasi
Cara mencari uang lewat blog selanjutnya adalah dengan menjadi afiliatee (sales) pada sebuah situs yang menyediakan program afiliasi. Cara kerjanya adalah anda hanya perlu mendaftar pada situs tersebut, dan kemudian memasang banner atau link di blog anda. Apabila ada visitor blog yang meng-klik banner yang kita pasang, dan kemudian mereka membeli produk/jasa di situs tersebut, maka kita akan memperoleh penghasilan. Ini dikenal dengan sistem Pay Per Action (PPA) yang mana kita akan dibayar setiap ada aksi (aktivitas pembelian) yang dilakukan oleh konsumen.
Cara Mencari Uang Lewat Blog 4
Biasanaya besaran penghasilan sebesar 10% - 50% dari harga produk/jasa yang terjual. Misalnya produk yang dijual harganya Rp 100.000,- dan bagi hasil sebesar 20%, maka kita akan memperoleh peghasilan sebesar Rp 20.000,-.

Kelebihan dari program afiliasi ini adalah kita tidak perlu bersusah payah untuk meningkatkan trafik blog. Selain itu, kita juga tidak perlu mematuhi Term Of Service (TOS) yang begitu ketat. Namun, kita hanya perlu memasarkan produk mereka dimanapun dan kapanpun kita berada, sampai produk tersebut bisa laku terjual. Kita bisa memasarkan produk tersebut bisa lewat blog, E-mail, ataupun jejaring sosial.

Kelemahan dari program ini adalah perlu waktu yang cukup lama untuk mencapai minimal payout, karena jarang netizen yang membeli produk yang kita pasarkan. Selain itu, kita harus bersusah payah untuk mencari konsumen sebanyak-banyaknya agar produk bisa terjual.

Membuka Toko Online
Cara selanjutnya untuk mencari uang lewat blog adalah dengan cara membuka toko online. Untuk membuka toko online tidak harus membuat website premium, namun bisa juga lewat blog. Kita hanya perlu mendesain tampilan blog secara baik dan menarik. Selain itu, kita juga harus mempersiapkan produk apa yang akan kita jual di blog tersebut.
Cara Mencari Uang Lewat Blog 6
Kelebihan dari cara ini adalah terbilang cukup murah dan efektif, karena kita tidak perlu membuka toko atau menyewa tempat untuk membuka sebuah usaha, namun kita hanya perlu menulis artikel yang mendeskripsikan produk yang akan kita jual. Tentu setiap artikel harus disertai dengan gambar yang menarik.

Kelemahanya adalah kita harus antusias dalam mempromosikan blog kita supaya banyak calon konsumen yang datang. Selain itu, platform blogger cenderung kurang efektif untuk dijadikan sebagai toko online, karena eksistensinya gratis. Sehingga tingkat kepercayaan konsumen rendah terhadap toko online yang kita buka. Dan satu lagi adalah faktor risiko yang harus kita perhatikan. Jangan sampai konsumen kecewa terhadap layanan yang kita berikan. Misalnya pengiriman telat, barang rusak, ataupun yang lainnya. Sehingga bukan tidak mungkin kita harus bertannggung jawab akan hal itu.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang tata cara mencari uang lewat blog. Apabila terdapat kekeliruan dalam hal substansi ataupun tata tulis, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata saya sampaikan ucapan terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

20 komentar:

Hayardin Putra mengatakan...

kalau saya sekarang mengembangkan website bisnis Pulsa saya sobat yang saya kelola sendiri dimana saya menyediakan Program Reseller di dalamnya dengan Komisi hingga 72% atau sekitar 25 ribu...websitenya bisa di cek di http://bisnispulsaku.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini mengatakan...

Ok terimakasih banyak mas sudah berbagi informasi :)

barzanijaya63 mengatakan...

hapunten teh,, numpang nanya tapi bukan di topik ini.
1.bagaiman caranya agar foto profil bisa muncul di google pencarian saya pakai blog wordpress,, kebanyakan yang sya temukan tutorialnya mengarah ke blogspot. sya masih bingung teh.
mohon informasinya,, terima kasih.
2. blog sya yang pakai blogger sudah bisa, tapi sudah 2 hari blm muncul di google pencarian?

Wahyu Eka Prasetiyarini mengatakan...

Kalau blog wordpress saya kurang tahu mas cara menampilkan foto di Google Search :)

Kalau blog anda menggunakan Blogger dan kebetulan sudah di setting richsnippets nya, silahkan anda cek di url ini apakah sudah muncul apa belum foto anda di Google Search www.google.com/webmasters/tools/richsnippets

Anda hanya perlu memasukkan url blog anda di kotak yang tersedia, dan kemudian klik tombol Ok :)

barzanijaya63 mengatakan...

kalo di cek di url tersebut, udah ada gambarnya sih, tapi kalo saya cek lewar google search blm ada gambare.pdahal wesa 1 mnggu mba.
waduh gmna yo mba.. maklum awak iki blm paham betul.

tp,saya terimakasih pd mba ririn, karena tutorial diblog mba, saya jadi agak paham. thanks mba. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini mengatakan...

Owh begitu ya mas. Kalau masalahnya seperti itu, saya kurang tahu betul mas. Semoga aja fotonya bisa lekas muncul di Google Search ya. Mohon maaf saya nggak bisa membantu apa-apa :)

barzanijaya63 mengatakan...

ok.makasih yo mba. maaf wes ganggu waktu anda.wassalamualaikum

Wahyu Eka Prasetiyarini mengatakan...

Nggak apa-apa kok mas, saya nggak merasa terganggu kok. Malahan saya seneng karena ada yang mau berdiskusi sama saya :) Terimakasih ya sudah siggah di blog saya :)

barzanijaya63 mengatakan...

assalamualikum,,, Terima kasih nih,, atas do'anya juga,, semoga anda juga sukses... :)

Wahyu Eka Prasetiyarini mengatakan...

Iya sama-sama mas :)

MitraBibit.com mengatakan...

WAh, sampi sini jadi bingung mau pilih yg mana... :D
ternyata ngeblog memang bnr2 bisa menghasilkan...
saya sudah membuktikan untuk poin yg terakhir...
Usaha bibit, dipadukan dg blog...
Luar biasa mbak... :D

Wahyu Eka Prasetiyarini mengatakan...

Wah pengalaman yang sangat menarik mas. Luar biasa ya kalau ngeblog bisa sambil mendapatkan uang. Bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua ya mas :)

shinobi2304 mengatakan...

jadi semangat ngeblog nech
kalau bisa menghasilkan uang

nandosempai mengatakan...

bermanfaat sekali infonya gan
saya juga sudah terapkan di blog saya

dodi sarwandi mengatakan...

TERIMAKASIH INFORMASINYA GAN,,

MitraBibit.com mengatakan...

wah,, ternyata disini link yg saya maksud untuk ikut program afiliasi.
barang kali masih terima iklan.
ngomong2 sahabat blogger sudah ada yg menerapkan program affiliasi belum,,
kalau belum silakan coba disini..
Pendaftaran Gratis...
http://www.kursusinggrisonline.com/2009/09/program-afiliasi.html

aldol mentibar mengatakan...

kunjungi blog baru ane donk,,
follow+coment
www.cyberpaloh.com

pasti di follow + coment balik

7Top Ranking mengatakan...

saya lebih tertarik agar blog menghasilkan uang adalah bagaimana blog kita mampu dijadikan sebagai ruang iklan yang bermutu

Syahrul Arifuddin mengatakan...

infonya sangat membantu .. Kunjungan baliknya ya ... carapintarku.blogspot.com
Keep posting !

nandosenpai mengatakan...

saya akan coba tipsnya saat blog saya sudah matang.
BTW thanks infonya mbak

Poskan Komentar